PERBANDINGAN TEKNOLOGI ANTARA PS1, PS2 dan PS3 DILIHAT DARI SUDUT PANDANG GAME BOLA


MAKALAH

PERBANDINGAN TEKNOLOGI ANTARA PS1, PS2 dan PS3 DILIHAT DARI SUDUT PANDANG GAME BOLA



Matakuliah : Pengantar Grafik Komputer
Dosen : Karmilasari

Disusun Oleh:
Kelas : 2DB01
NPM                           Nama
31116970        Dian Permatasari
32116604        Fani Herman Saputra
38116317        Putri Masturina
38116385        Ria Noki Septadzariat
37116172        Sukma Indah Imaniati


Universitas Gunadarma
2018


PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangatlah nampak.   Dimana setiap gerak-gerik dan liku-liku kehidupan ini sangat dipengaruhi oleh adannya informasi yang kemudian informasi itu dapat diperoleh melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Komputer merupakan salah satu teknologi yang paling pesat perkembangannya. Pada saat pertama kali ditemukan, komputer digunakan terutama sebagai alat bantu untuk mempercepat proses hitung menghitung. Komputer dari generasi  ke generasi mengalami perkembangan dalam hal pengolahan data baik kapasitas maupun kecepatannya. Data yang diolah tidak hanya berupa teks atau angka, tapi kini komputer dapat mengolah gambar/grafika. Komputer yang memiliki piranti grafis untuk mengolah gambar atau grafika disebut grafis komputer.
Dulu karya  grafis diolah memakai teknologi analog. Dalam teknologi ini gelombang direkam atau dipakai dalam wujud aslinya. Sebagai contoh, dalam dunia fotografi konvensional kamera menangkap image yang berasl dari sinar yang dipantulkan oleh objek. Sinar pantul ini merupakan gelombang analog dan jejak intensitas cahaya yang tertinggal/terekam pada klise film juga gelombang analog. Jejak analog ini bisa dibaca, ditransfer ke media khusus peka cahaya sehingga menghsilkan karya grafis. Dewasa ini pengolahan grafis  cenderung memakai teknologi digital. Dalam teknologi ini image analog yang ditangkap kamera digital dibagi-bagi menjadi unsur-unsur gambar paling kecil lalu diubah menjadi bit dan disimpan dalam perangkat digital.
Grafika komputer pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan membangkitkan, menyimpan dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer. Grafika komputer memungkinkan kita untuk berkomunikasi lewat gambar-gambar, bagan-bagan dan diagram. Istilah grafis komputer mencakup hampir semua yang ada di komputer yang bukan hanya teks atau suara. Grafik komputer dan gambar yang dihasilkan komputer menyentuh semua aspek. Komputer grafis yang dibangun dengan baik dapat menyajikan grafik statistik kompleks dalam bentuk yang lebih muda untuk memahami dan menafsirkannya. Berbagai alat dan fasilitas yang tersedia pada komputer grafis memungkinkan pengguna dapat  memvisualisasikan data mereka dan juga komputer grafis banyak  digunakan dalam banyak disiplin ilmu. 


Pada zaman modern seperti sekarang, teknologi merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia. Teknologi tidak menjadi barang mewah yang dapat dipakai untuk semua kalangan. Misalnya untuk membuat makanan, manusia tidak perlu bersusah payah mencari cara pembuatan melalui koran atau majalah, kita cukup mencarinya melalui internet. Dimanapun kita berada kita dapat menggunakan layanan dari teknologi tersebut. Teknologi merupakan sesuatu yang memberikan kemudahan kepada kita, seperti telepon, layanan internet dan lain-lain. Selain itu, teknologi sering kita jumpai dalam suatu permainan, seperti Playstation, Nintendo, PSP, dan masih banyak lagi.


PEMBAHASAN

Kita mulai dari PlayStation (PS1)
Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990.

 



 Gambar Winning Eleven PS1






Spesifikasi PS 1:
Chip RISC R3000A-kompatibel 32-bita (R3051) dengan kecepatan 33.8688 MHz
Chip ini memiliki Mesin Transformasi Geometri (Geometry Transformation Engine) dan Mesin Dekompersi Data (Data Decompression Engine)
Fitur:
·         Performa Operasi (Operating Performance) 30 juta instruksi per detik (MIPS)
·         Lebar jalur data (Bus Bandwidth) 132 Mb/s
·         Instruction Cache 4 KB
·         Data Cache 1 KB (non associative, hanya 1024 bytes dari pemetaan SRAM -Static Random Access Memory- cepat)

Unit Pengolah Grafis (Graphics Processing Unit)
Fitur:
·         Maksimum 16.7 juta warna
·         Dapat menganai resolusi 256x224 sampai 640x480
·         Memiliki frame buffer yang bisa diatur
·         Unlimited Colour Lookup Tables
·         Maksimum 4000 8x8 pixel sprites dengan individual scaling and rotation
·         Dapat menangani latar belakang simultan (untuk parallax scrolling)
·         Dapat melakukan Flat or Gouraud shading, dan texture mapping

Memori 
·         RAM Utama: 2 Megabita (4 Megabita untuk "Blue Console")
·         RAM Video: 1 Megabita
·         RAM Suara: 512 Kilobita
·         CD-Rom Buffer: 32 Kilobytes
·         ROM sistem operasi: 512 Kilobita
·         PlayStation Memory Cards memiliki kapasitas 128 Kilobytes di dalam EEPROM

Menurut Pendapat Penulis:
·                     PS1 menghasilkan gambar yang datar 
·                     Resolusi yang dihasilkan pun kecil
·                     Gerakan yang dilakukan pada game bola winning eleven sedikit lebih kaku
·                     Wajah pemain tak terlihat baik 
·                     Memberikan kemudahan dalam memainkan
ya sekian dulu ulasan spesifikasi pada PlayStation yang menghasilkan bentuk tampilan dari game bola Winning Eleven pada eranya...



PlayStation2 (PS 2)

Pengembangannya pertama kali diumumkan pada bulan April 1999 dan dilempar ke pasar pertama kali pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang

Dengan menggunakan OS dari Linux, PS2 menghasilkan grafik dan suara yang lebih baik dari PS1. Pada PS2 juga memulai menggunakan CD dalam format DVD.

Gambar Winning Eleven PS2




Gambar PS2

Spesifikasi teknis dari konsol PlayStation 2 adalah sebagai berikut.
·         CPU64-bit"Emotion Engine" di-clock pada 294.912 MHz (299 MHz pada versi yang lebih barunya), dengan 10.5 juta transistor
·         Memori: 32 MB direct rambus atau RDRAM (komputer desktop tertentu juga dapat menggunakan memori jenis ini).
·         Bandwidth memori: 3,2 GB per detik.

·         Prosesor utama: Inti CPU berarsitektur MIPS R5900, 64-bit.
·         Prosesor pembantu: FPU (1 Floating Point Multiply Accumulator, 1 Floating Point Divider).
·         Unit vektor: VU0 dan VU1 (9 Floating Point Multiply Accumulator, 1 Floating Point Divider), 128-bit.
·         Daya floating point: 6,2 GFLOPS (floating point 32-bit berpresisi tunggal).
·         Transformasi geometrik CG 3D: 66 juta poligon per detik (1).
·         Dekoder gambar mampatMPEG-2.
·         Interkoneksi prosesor I/O: Hubungan dengan remote melalui sambungan serial, pengontrol DMA untuk memindahkan bulk.
·         Cache memori: perintah 16 KB, data 8 KB+16 KB (ScrP).

·         Grafik: penyelaras grafik berkecepatan 147 MHz.
·         Bandwidth bus DRAM: 47 GB per detik.
·         Lebar bus DRAM: 2.560-bit (gabungan tiga bus mandiri: 1.024-bit untuk menulis, 1.024-bit untuk membaca, 512-bit untuk baca/tulis).
·         Pengaturan pikselBuffer RGB:Alpha:Z (24:8, 15:1 untuk RGB, Z buffer 16, 24, atau 32-bit).
·         Jumlah poligon maksimal: 75 juta poligon per detik (1).
·         Hubungan langsung keCPU utama dan VU1.

·         Suara: SPU1 dan SPU2 (SPU1 sama saja dengan CPU).
·         Banyak suara: Perangkat keras ADPCM 48 kanal pada SPU2 ditambah kanal perangkat lunak.
·         Batasan frekuensi: 44,1 kHz atau 48 kHz (dapat dipilih).

·         Prosesor I/O.
·         Inti CPUCPU asli PlayStation (MIPS R3000A berkecepatan 33,8688 MHz atau 37,5 MHz).
·         Bus terpisah: 32-Bit.
·         Sambungan ke: SPU dan pengontrol CD/DVD.
·         Bagian luar: 2 sambungan alat kontrol permainan video PlayStation (berkecepatan 250KHz untuk PS1 dan 500KHz untuk PS2), 2 slot kartu memori yang menggunakan sistem enkripsi MagicGate (250KHz untuk kartu PS1, mencapai 1-2MHz untuk kartu PS2), dudukan kandar (DEV9 atau PCMCIA pada konsol versi awal), dudukan untuk adaptor jaringan, modem dan kandar harddisk, 2 FireWire (IEEE 1394), 2 sambungan remote control infra merah, dan 2 sambungan USB 1.1 dengan pengontrol yang sesuai dengan OHCI.
·         MediaDVD-ROM (juga kompatibel dengan CD-ROM) dengan proteksi hak cipta, berkapasitas 4,7-8,5 GB.

Menurut Pendapat Penulis:

·                     Grafik menyerupai hasil gambar dari kamera asli
·                     Mampu melakukan interaksi dengan pengguna PS2 lain, karena terdapat fitur online dengan penambahan perangkat modem
·                     Masih belum mengahsilkan bentuk yang sempurna pada game winning eleven
·                     Flexibilitas permainan mulai terasa

Tidak puas dengan pencapaian positif dari adanya PS2, SONY sebagai perusahaan Jepang  yang resmi memiliki hak atas semua pengembangan PlayStation ini kembali memunculkan jenis konsol game terbaru. Apa itu????

PlayStation 3 (PS3)
PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006
Teknologi terbaru yang digunakan adalah cell processor-nya, tipe prosesor yang benar-benar dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PlayStation 3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik. Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik karena cell processor merupakan arsitektur vector processor. Bahkan prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 ini merupakan prosesor yang tercanggih saat ini. Selain itu GPU dibuat sendiri pleh SONY yang bekerjasama dengan NVidia. 



Spesifikasi PS3 :
CPU
Cell Processor 
PowerPC-base Core @ 3.2 GHz
1 VMX vector umit per core
512KB L2 Cache
7 x SPE @3.2GHz
7 x 128b 128 SIMD GPRs
7 x 256KB SRAM for SPE
* 1 of 8 SPEs reseved for redundancy
Total floating point performance: 218 GFLOPS

GPU
RSX @550MHz
1.8 TFLOPS floating point performance
Full HD (up to 1080p) x 2 channels
Multi-way programmable parallel floating point shader pipelines

SOUND
Dolby 5.1ch, DTS, LPCM, etc.(Cell base processing)

MEMORY
256MB XDR Main RAM @3.2GHz
256MB GDDR3 VRAM @700MHz

SYSTEM BANDWITH
Main RAM 25.6GB/s
VRAM 22.4GB/s
RSX 20GB/s (write) 15GB/s (read)
SB<2.5GB/s (write) 2.5GB/s (read)

SYSTEM FLOATING POINT PERFORMANCE
2 TFLOPS

STORAGE
Detachable 2.5”HDD slot x 1

I/O
USB Front x 4, Rear x 2 (USB2.0)
Memory Stick standard/duo, PRO x 1
SD standard/mini x 1
Compact Flash (Type I, II) x 1

COMMUNICATON
Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T) x 3 (input x output x 2)
Wi-Fi IEEE 802.11 b/g
Bluetooth 2.0 (EDR)
Controller
Bluetooth (up to 7)
USB 2.0 (wired)
Wi-Fi (PSP)
Network (over IP)

AV OUTPUT
Screen size: 480i, 480p, 720p,1080i,1080p
HDMI: HDMI out x 2
Analog: AV MULTI OUT x 1
Digital Audio: DIGITAL OUT (OPTICAL) x 1

DISC MEDIA
CD PlayStation CD-ROM, PlayStation 2 CD-ROM, CD-DA, CD-DA (ROM), CD-R, CD-RW, SACD, SACD Hybrid (CD layer), SACD HD, Dual Disc, Dual Disc (audio side), DualDisc (DVD side)
DVD: PlayStation 2 DVD-ROM, PlayDtation 3 DVD-ROM, DVD Video, DVD-ROM, DVD-R, DVD-RW, DVD R, DVD RW
Blu-Ray Disc: PlayStation 3 BD-ROM, BD-Video, BD-ROM, BD-R, BD-RE

Sistem operasi 
PlayStation 3 menggunakan Cross Media Bar, atau disingkat XMB. Cross Media Bar adalah sistem operasi yang sudah diterapkan pada PSX (PlayStation 2 ditambah fitur ekstra seperti merekam acara televisi, bukan PlayStation, hanya dirilis di Jepang), PlayStation Portable, dan semua televisi produksi Sony terbaru (Sony Bravia)
Pada Cross Media Bar versi PlayStation 3, ada 8 kategori menu, yaitu:
·         Users (Pengguna)
·         Settings (Pengaturan)
·         Photo (Foto)
·         Music (Musik
·         Video (Video)
·         Game (permainan)
·         Network (Jaringan)
·         Friends (Teman)

 XMB PlayStation 3 dapat memainkan beberapa format file musik, foto, dan video.

Permainan PlayStation dan PlayStation 2 masih dibatasi per region (contoh: permainan Jepang tidak dapat digunakan di PlayStation 2 Amerika), tetapi, permainan PlayStation 3 tidak dibatasi.

 PlayStation 3 dengan resolusi 1080p (High Definition) dengan menggunakan sistem jaringan nirkabel Ad-Hoc.

Menurut Pendapat Penulis :
·                     Grafik yang memukau ditampilkan oleh PS 3
·                     Reformasi berbagai macam fitur baru dan menarik pun tersedia
·                     Penikmat Game Winning Eleven seprti dimanjakan dengan gerakan-gerakan pemain di game yang menyerupai asli
·                     Tingkat kesulitan cukup 
·                     Penggunaan kaset berkurang dan mengedepankan penggunaan Harddisk Eksternal
·                     Controller yang disajikan bervariasi


PENUTUP
1.     KESIMPULAN
Berdasarkan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa playstation merupakan suatu jenis permainan elektronik yang dapat menampilkan gambar, suara dan gerak. Playstation dapat memberikan dampak positif seperti menghilangkan kejenuhan dan mengasah kreativitas anak. Selain itu playstation juga memberikan dampak negatif seperti mengurangi minat belajar pada anak dan membuat anak menjadi bermalas-malasan.

2.     SARAN
a)      Kita dapat menggunakan layanan playstation sebagai sarana menghilangkan kejenuhan namun tidak terus menerus dalam penggunaannya.
b)      Sebaiknya orang tua tetap mengawasi anaknya dan selalu berusaha memberikan nasehat-nasehat agar terhindar dari perbuatan yang ada pada playstation.
c)      Sebaiknya menggunakan waktu luang tidak hanya untuk bermain playstation tetapi juga diimbangi dengan belajar dengan tekun.

DAFTAR PUSTAKA
 http://pencerahansituasi.blogspot.co.id/2012/01/contoh-makalah-tentang-playstation.html
http://ariatmancool.blogspot.co.id/2013/05/makalah-tentang-grafika-komputer.html
http://mauritsrj.blogspot.co.id/2013/05/perbandingan-teknologi-antara-ps1ps2.html


Komentar


  1. * Agen-dominoqq adalah Daftar Rekomendasi Situs Agen Dominoqq Online, Domino Online Domino99 Terpercaya di indonesia Menyediakan berbagai Game DominoQQ Online dan Memberikan Keamanan Kepada Member. Juga Bermain Secara Fair Play, dan mendapatkan Bonus dan Jackpot yang Besar

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Departementasi Fungsional Dan Devisional PT Garuda Indonesia (PERSERO) Tbk,

ANALISIS FUNGSI MANAJEMEN PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk

STRATEGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI