PERBANDINGAN TEKNOLOGI ANTARA PS1, PS2 dan PS3 DILIHAT DARI SUDUT PANDANG GAME BOLA
MAKALAH
PERBANDINGAN
TEKNOLOGI ANTARA PS1, PS2 dan PS3 DILIHAT DARI SUDUT PANDANG GAME BOLA
Matakuliah :
Pengantar Grafik Komputer
Dosen :
Karmilasari
Disusun
Oleh:
Kelas :
2DB01
NPM Nama
31116970 Dian Permatasari
32116604 Fani Herman Saputra
38116317 Putri Masturina
38116385 Ria Noki Septadzariat
37116172 Sukma Indah Imaniati
Universitas
Gunadarma
2018
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangatlah nampak. Dimana setiap gerak-gerik dan liku-liku
kehidupan ini sangat dipengaruhi oleh adannya informasi yang kemudian informasi
itu dapat diperoleh melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Komputer merupakan
salah satu teknologi yang paling pesat perkembangannya. Pada saat pertama kali
ditemukan, komputer digunakan terutama sebagai alat bantu untuk mempercepat
proses hitung menghitung. Komputer dari generasi ke generasi
mengalami perkembangan dalam hal pengolahan data baik kapasitas maupun
kecepatannya. Data yang diolah tidak hanya berupa teks atau angka, tapi kini
komputer dapat mengolah gambar/grafika. Komputer yang memiliki piranti grafis
untuk mengolah gambar atau grafika disebut grafis komputer.
Dulu
karya grafis diolah memakai teknologi analog. Dalam teknologi ini
gelombang direkam atau dipakai dalam wujud aslinya. Sebagai contoh, dalam dunia
fotografi konvensional kamera menangkap image yang berasl dari sinar yang
dipantulkan oleh objek. Sinar pantul ini merupakan gelombang analog dan
jejak intensitas cahaya yang tertinggal/terekam pada klise film juga gelombang
analog. Jejak analog ini bisa dibaca, ditransfer ke media khusus peka cahaya
sehingga menghsilkan karya grafis. Dewasa ini pengolahan
grafis cenderung memakai teknologi digital. Dalam teknologi ini
image analog yang ditangkap kamera digital dibagi-bagi menjadi unsur-unsur gambar
paling kecil lalu diubah menjadi bit dan disimpan dalam perangkat digital.
Grafika
komputer pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara
untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin
(komputer) dengan jalan membangkitkan, menyimpan dan memanipulasi gambar model
suatu objek menggunakan komputer. Grafika komputer memungkinkan kita untuk
berkomunikasi lewat gambar-gambar, bagan-bagan dan diagram. Istilah grafis
komputer mencakup hampir semua yang ada di komputer yang bukan hanya teks atau
suara. Grafik komputer dan gambar yang dihasilkan komputer menyentuh semua
aspek. Komputer grafis yang dibangun dengan baik dapat menyajikan grafik
statistik kompleks dalam bentuk yang lebih muda untuk memahami dan menafsirkannya.
Berbagai alat dan fasilitas yang tersedia pada komputer grafis memungkinkan
pengguna dapat memvisualisasikan data mereka dan juga komputer
grafis banyak digunakan dalam banyak disiplin ilmu.
Pada zaman modern seperti sekarang,
teknologi merupakan kebutuhan utama bagi setiap manusia. Teknologi tidak
menjadi barang mewah yang dapat dipakai untuk semua kalangan. Misalnya untuk
membuat makanan, manusia tidak perlu bersusah payah mencari cara pembuatan
melalui koran atau majalah, kita cukup mencarinya melalui internet. Dimanapun
kita berada kita dapat menggunakan layanan dari teknologi tersebut. Teknologi
merupakan sesuatu yang memberikan kemudahan kepada kita, seperti telepon,
layanan internet dan lain-lain. Selain itu, teknologi sering kita jumpai dalam suatu permainan, seperti Playstation,
Nintendo, PSP, dan masih banyak lagi.
PEMBAHASAN
Kita mulai dari PlayStation (PS1)
Gambar
Winning Eleven PS1
|
Spesifikasi PS 1:
Chip ini memiliki Mesin Transformasi Geometri (Geometry
Transformation Engine) dan Mesin Dekompersi Data (Data Decompression
Engine)
Fitur:
· Lebar
jalur data (Bus Bandwidth) 132 Mb/s
· Instruction
Cache 4 KB
· Data Cache 1 KB (non
associative, hanya 1024 bytes dari pemetaan SRAM -Static Random Access Memory- cepat)
Unit
Pengolah Grafis (Graphics Processing Unit)
Fitur:
· Maksimum
16.7 juta warna
· Dapat
menganai resolusi 256x224 sampai 640x480
· Unlimited
Colour Lookup Tables
Memori
Menurut
Pendapat Penulis:
·
PS1 menghasilkan gambar yang datar
·
Resolusi yang dihasilkan pun kecil
·
Gerakan yang dilakukan pada game bola winning eleven
sedikit lebih kaku
·
Wajah pemain tak terlihat baik
·
Memberikan kemudahan dalam memainkan
ya sekian
dulu ulasan spesifikasi pada PlayStation yang menghasilkan bentuk tampilan dari
game bola Winning Eleven pada eranya...
PlayStation2
(PS 2)
Pengembangannya
pertama kali diumumkan pada bulan April 1999 dan
dilempar ke pasar pertama kali pada tanggal 4 Maret 2000 di Jepang
Dengan
menggunakan OS dari Linux, PS2 menghasilkan grafik dan suara yang lebih baik
dari PS1. Pada PS2 juga memulai menggunakan CD dalam format DVD.
Gambar PS2
|
Spesifikasi teknis dari konsol PlayStation 2 adalah
sebagai berikut.
· CPU: 64-bit"Emotion Engine"
di-clock pada 294.912 MHz (299 MHz
pada versi yang lebih barunya), dengan 10.5 juta transistor
· Memori:
32 MB direct rambus atau RDRAM (komputer desktop tertentu
juga dapat menggunakan memori jenis ini).
· Bandwidth
memori: 3,2 GB per detik.
· Prosesor
pembantu: FPU (1 Floating Point Multiply Accumulator, 1 Floating
Point Divider).
· Unit
vektor: VU0 dan VU1 (9 Floating Point Multiply Accumulator,
1 Floating Point Divider), 128-bit.
· Daya
floating point: 6,2 GFLOPS (floating point 32-bit berpresisi
tunggal).
· Transformasi
geometrik CG 3D: 66 juta poligon per detik (1).
· Interkoneksi prosesor I/O: Hubungan dengan remote melalui
sambungan serial, pengontrol DMA untuk memindahkan bulk.
· Cache
memori: perintah 16 KB, data 8 KB+16 KB (ScrP).
· Grafik: penyelaras
grafik berkecepatan 147 MHz.
· Bandwidth
bus DRAM: 47 GB per detik.
· Lebar
bus DRAM: 2.560-bit (gabungan tiga bus mandiri: 1.024-bit untuk menulis,
1.024-bit untuk membaca, 512-bit untuk baca/tulis).
· Pengaturan
piksel: Buffer RGB:Alpha:Z (24:8, 15:1 untuk RGB, Z
buffer 16, 24, atau 32-bit).
· Jumlah
poligon maksimal: 75 juta poligon per detik (1).
· Banyak
suara: Perangkat keras ADPCM 48 kanal pada SPU2 ditambah kanal perangkat
lunak.
· Batasan
frekuensi: 44,1 kHz atau 48 kHz (dapat dipilih).
· Bus
terpisah: 32-Bit.
· Bagian
luar: 2 sambungan alat kontrol permainan video PlayStation (berkecepatan 250KHz untuk PS1 dan 500KHz untuk PS2), 2 slot kartu memori yang
menggunakan sistem enkripsi MagicGate (250KHz untuk kartu PS1, mencapai 1-2MHz untuk kartu PS2), dudukan kandar
(DEV9 atau PCMCIA pada konsol
versi awal), dudukan untuk adaptor jaringan, modem dan
kandar harddisk, 2 FireWire (IEEE 1394),
2 sambungan remote control infra merah, dan 2 sambungan USB 1.1
dengan pengontrol yang sesuai dengan OHCI.
· Media: DVD-ROM (juga kompatibel
dengan CD-ROM) dengan proteksi hak cipta,
berkapasitas 4,7-8,5 GB.
Menurut
Pendapat Penulis:
·
Grafik menyerupai hasil gambar dari kamera asli
·
Mampu melakukan interaksi dengan pengguna PS2 lain,
karena terdapat fitur online dengan penambahan perangkat modem
·
Masih belum mengahsilkan bentuk yang sempurna pada
game winning eleven
·
Flexibilitas permainan mulai terasa
Tidak puas
dengan pencapaian positif dari adanya PS2, SONY sebagai perusahaan Jepang
yang resmi memiliki hak atas semua pengembangan PlayStation ini kembali
memunculkan jenis konsol game terbaru. Apa itu????
PlayStation 3 (PS3)
PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006
PlayStation 3 (PS3)
PlayStation 3 dirilis di Jepang pada tanggal 11 November 2006
Teknologi terbaru yang digunakan
adalah cell processor-nya, tipe prosesor yang benar-benar
dioptimalkan untuk melakukan operasi floating point. Berbeda dengan
prosesor desktop pada umumnya, kemampuan cell processor PlayStation
3 untuk melakukan operasi floating point sangat baik.
Kemampuan cell processor untuk melakukan operasi floating point sangat baik
karena cell processor merupakan arsitektur vector processor. Bahkan
prosesor yang digunakan pada PlayStation 3 ini merupakan prosesor yang
tercanggih saat ini. Selain itu GPU dibuat sendiri pleh SONY yang bekerjasama
dengan NVidia.
Spesifikasi PS3 :
CPU
Cell Processor
PowerPC-base Core @ 3.2 GHz
1 VMX vector umit per core
512KB L2 Cache
7 x SPE @3.2GHz
7 x 128b 128 SIMD GPRs
7 x 256KB SRAM for SPE
* 1 of 8 SPEs reseved for redundancy
Total floating point performance: 218 GFLOPS
GPU
RSX @550MHz
1.8 TFLOPS floating point performance
Full HD (up to 1080p) x 2 channels
Multi-way programmable parallel floating point shader pipelines
SOUND
Dolby 5.1ch, DTS, LPCM, etc.(Cell base processing)
MEMORY
256MB XDR Main RAM @3.2GHz
256MB GDDR3 VRAM @700MHz
SYSTEM BANDWITH
Main RAM 25.6GB/s
VRAM 22.4GB/s
RSX 20GB/s (write) 15GB/s (read)
SB<2.5GB/s (write) 2.5GB/s (read)
SYSTEM FLOATING POINT PERFORMANCE
2 TFLOPS
STORAGE
Detachable 2.5”HDD slot x 1
I/O
USB Front x 4, Rear x 2 (USB2.0)
Memory Stick standard/duo, PRO x 1
SD standard/mini x 1
Compact Flash (Type I, II) x 1
COMMUNICATON
Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T) x 3 (input x output x 2)
Wi-Fi IEEE 802.11 b/g
Bluetooth 2.0 (EDR)
Controller
Bluetooth (up to 7)
USB 2.0 (wired)
Wi-Fi (PSP)
Network (over IP)
AV OUTPUT
Screen size: 480i, 480p, 720p,1080i,1080p
HDMI: HDMI out x 2
Analog: AV MULTI OUT x 1
Digital Audio: DIGITAL OUT (OPTICAL) x 1
DISC MEDIA
CD PlayStation CD-ROM, PlayStation 2 CD-ROM, CD-DA, CD-DA (ROM), CD-R, CD-RW, SACD, SACD Hybrid (CD layer), SACD HD, Dual Disc, Dual Disc (audio side), DualDisc (DVD side)
DVD: PlayStation 2 DVD-ROM, PlayDtation 3 DVD-ROM, DVD Video, DVD-ROM, DVD-R, DVD-RW, DVD R, DVD RW
Blu-Ray Disc: PlayStation 3 BD-ROM, BD-Video, BD-ROM, BD-R, BD-RE
Cell Processor
PowerPC-base Core @ 3.2 GHz
1 VMX vector umit per core
512KB L2 Cache
7 x SPE @3.2GHz
7 x 128b 128 SIMD GPRs
7 x 256KB SRAM for SPE
* 1 of 8 SPEs reseved for redundancy
Total floating point performance: 218 GFLOPS
GPU
RSX @550MHz
1.8 TFLOPS floating point performance
Full HD (up to 1080p) x 2 channels
Multi-way programmable parallel floating point shader pipelines
SOUND
Dolby 5.1ch, DTS, LPCM, etc.(Cell base processing)
MEMORY
256MB XDR Main RAM @3.2GHz
256MB GDDR3 VRAM @700MHz
SYSTEM BANDWITH
Main RAM 25.6GB/s
VRAM 22.4GB/s
RSX 20GB/s (write) 15GB/s (read)
SB<2.5GB/s (write) 2.5GB/s (read)
SYSTEM FLOATING POINT PERFORMANCE
2 TFLOPS
STORAGE
Detachable 2.5”HDD slot x 1
I/O
USB Front x 4, Rear x 2 (USB2.0)
Memory Stick standard/duo, PRO x 1
SD standard/mini x 1
Compact Flash (Type I, II) x 1
COMMUNICATON
Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T) x 3 (input x output x 2)
Wi-Fi IEEE 802.11 b/g
Bluetooth 2.0 (EDR)
Controller
Bluetooth (up to 7)
USB 2.0 (wired)
Wi-Fi (PSP)
Network (over IP)
AV OUTPUT
Screen size: 480i, 480p, 720p,1080i,1080p
HDMI: HDMI out x 2
Analog: AV MULTI OUT x 1
Digital Audio: DIGITAL OUT (OPTICAL) x 1
DISC MEDIA
CD PlayStation CD-ROM, PlayStation 2 CD-ROM, CD-DA, CD-DA (ROM), CD-R, CD-RW, SACD, SACD Hybrid (CD layer), SACD HD, Dual Disc, Dual Disc (audio side), DualDisc (DVD side)
DVD: PlayStation 2 DVD-ROM, PlayDtation 3 DVD-ROM, DVD Video, DVD-ROM, DVD-R, DVD-RW, DVD R, DVD RW
Blu-Ray Disc: PlayStation 3 BD-ROM, BD-Video, BD-ROM, BD-R, BD-RE
Sistem
operasi
PlayStation
3 menggunakan Cross Media Bar, atau
disingkat XMB. Cross
Media Bar adalah sistem operasi yang sudah diterapkan pada PSX (PlayStation
2 ditambah fitur ekstra seperti merekam acara televisi, bukan PlayStation, hanya dirilis di Jepang), PlayStation Portable, dan semua
televisi produksi Sony terbaru (Sony Bravia)
Pada Cross
Media Bar versi PlayStation 3, ada 8 kategori menu, yaitu:
· Users
(Pengguna)
· Settings
(Pengaturan)
· Photo
(Foto)
· Music
(Musik
· Video
(Video)
· Game
(permainan)
· Network
(Jaringan)
· Friends
(Teman)
XMB
PlayStation 3 dapat memainkan beberapa format file musik, foto, dan video.
Permainan
PlayStation dan PlayStation 2 masih dibatasi per region (contoh: permainan Jepang
tidak dapat digunakan di PlayStation 2 Amerika), tetapi, permainan PlayStation
3 tidak dibatasi.
PlayStation
3 dengan resolusi 1080p (High Definition) dengan menggunakan sistem jaringan
nirkabel Ad-Hoc.
Menurut
Pendapat Penulis :
·
Grafik yang memukau ditampilkan oleh PS 3
·
Reformasi berbagai macam fitur baru dan menarik pun
tersedia
·
Penikmat Game Winning Eleven seprti dimanjakan dengan
gerakan-gerakan pemain di game yang menyerupai asli
·
Tingkat kesulitan cukup
·
Penggunaan kaset berkurang dan mengedepankan
penggunaan Harddisk Eksternal
·
Controller yang disajikan bervariasi
1. KESIMPULAN
Berdasarkan
keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa playstation merupakan suatu jenis
permainan elektronik yang dapat menampilkan gambar, suara dan gerak. Playstation
dapat memberikan dampak positif seperti menghilangkan kejenuhan dan mengasah
kreativitas anak. Selain itu playstation juga memberikan dampak negatif seperti
mengurangi minat belajar pada anak dan membuat anak menjadi bermalas-malasan.
2. SARAN
a) Kita dapat
menggunakan layanan playstation sebagai sarana menghilangkan kejenuhan namun
tidak terus menerus dalam penggunaannya.
b) Sebaiknya orang
tua tetap mengawasi anaknya dan selalu berusaha memberikan nasehat-nasehat agar
terhindar dari perbuatan yang ada pada playstation.
c) Sebaiknya
menggunakan waktu luang tidak hanya untuk bermain playstation tetapi juga
diimbangi dengan belajar dengan tekun.
DAFTAR
PUSTAKA
http://pencerahansituasi.blogspot.co.id/2012/01/contoh-makalah-tentang-playstation.html
http://ariatmancool.blogspot.co.id/2013/05/makalah-tentang-grafika-komputer.html
http://mauritsrj.blogspot.co.id/2013/05/perbandingan-teknologi-antara-ps1ps2.html
BalasHapus* Agen-dominoqq adalah Daftar Rekomendasi Situs Agen Dominoqq Online, Domino Online Domino99 Terpercaya di indonesia Menyediakan berbagai Game DominoQQ Online dan Memberikan Keamanan Kepada Member. Juga Bermain Secara Fair Play, dan mendapatkan Bonus dan Jackpot yang Besar